Translate

24/07/07

Antara CINTA dan KECOCOKAN

Apa yang Anda lihat dari pasangan Anda, Cinta atauCocok? Hal-hal yang membuat anda Cinta padanya atau Hal-hal yang Anda merasa Cocok dengan pasangan? Apakah harus mencari kecocokan dulu untuk mencintai seseorang, ataukah mencintai seseorang dan lalu mencari kecocokan diantara Anda dan pasangan Anda?

Seringkali Tanpa sadar kita terjebak pada pemikiran seperti ini, bahwa mengarungi hidup dengan seseorang yang kita cintai harus mempertimbangkan mengenai adanya kecocokan atau ketidak-cocokan antara kita dengan pasangan.. Suatu pemikiran yang menurut saya (jika tidak bisa dikatakan sangat mustahil) amat sulit untuk diterapkan.

Bagaimana mungkin mencari seseorang yang memiliki semua hal-hal yang harus cocok dengan Anda?? Mungkin dalam beberapa hal Anda memiliki kecocokan dengan pasangan Anda, tapi coba lihat.. betapa banyak ketidak-cocokan yang ada pada Anda dan pasangan Anda. Lalu apakah itu lantas menjadi alasan Anda tidak bisa berjalan bersama dengan pasangan (suami atau isri) menapaki perjalanan yang panjang, sebagaimana apa yang dulu Anda dan pasangan Anda cita-citakan... menjalani hidup bersama dalam suka dan duka dalam keridhoan Alloh SWT, karena sesungguhnya Alloh adalah saksi bagi tiap2 pernikahan manusia.

Begitu banyak hal2 yang tidak Anda sukai padapasangan Anda. Begitu banyak hal2 yang tidak cocok antara Anda dengan pasangan. Barangkali kalau Anda buat daftar apa2 yang Anda sukai, bisa jadi ternyata tidak sama dengan apa yang disukai pasangan Anda.

Bisa jadi banyak hal2 yang mungkin disukai pasangan Anda, sementara Anda tidak menyukainya... Karena Manusia pada dasarnya memang dilahirkan sebagai makhluk yang kompleks dan dengan isi kepala dan keinginan yang beragam, dan selalu mengalami perubahan seiring dengan pertambahan usia yang mempengaruhi kedewasaan sikap seseorang. Maka akan selalu ada ketidak-cocokan antara Anda dengan pasangan Anda. Alloh menciptakan segala sesuatu berlawanan di dunia ini, dan menjadikan semua itu sesuatu yang Anda sebut sebagai HARMONI.. KESEIMBANGAN.

THEN SO WHAT???

Apakah ini menjadi penghalang untuk Anda bisa terus berjalan dengan pasangan Anda??? No, I dont think so!!!

Ketidak-cocokan adalah anugerah yang membuat hidup Anda sangat dinamis dan semarak. Allah menciptakansegala sesuatu berlawanan di dunia ini, dan menjadikan semua itu sebagai sesuatu yang sering kita sebutsebagai HARMONI.. KESEIMBANGAN dan KESELARASAN.
Ketidak-cocokan adalah sarana bagi Anda untuk saling menghargai pasangan Anda, menerima pasangan Anda apa adanya.. as a human being. Not as an angel.. Karena kesempurnaan adalah milik Sang Khalik dan apa2 yang Dia inginkan agar sempurna.

Ketidak-cocokan adalah cara Anda untuk menyatakan:

"HOW MUCH I LOVE YOU.. I dont care about what's different between us. What I care is, God has given me some one to whom I fall in love with... Fall in lovewith you...

" Alloh yang memberikan kasih sayang ini (atau apa yang Anda sebut sebagai CINTA) agar Anda bisa menjalani kehidupan ini seterusnya bersama pasangan Anda.

Alloh yang menciptakan cinta yang tumbuh di hati Anda dan pasangan Anda masing-masing, dan Alloh yangmempertautkannya sehingga Anda menjadi berpasang-pasangan, dalam ikatan pernikahan... Agardengannya Anda bisa menikmati kenikmatan duniawi, memiliki keturunan.. Hidup dalam kesempurnaan sebagai manusia.. Hidup dalam keharmonisan dan keselarasan sebesar apapun perbedaan yang ada karena cinta telah menjadi pengikat yang erat.. dan cita-cita yang sama sebagai tujuan hidup, menjadi keluarga SAKINAH,MAWADDAH, WA RAHMAH... Hingga akhir hayat Anda. Dan...Cinta jugalah yang pada akhirnya akan mempertemukan Anda dan pasangan Anga kelak di akhirat nanti..

"Di akhirat nanti, setiap laki-laki akan ditemanioleh istri-istrinya".. Istri/Suami adalah pakaian bagimu. Maka sudah seharusnya Anda menutupi segala kekurangan (dalam pengertian lain ketidak-cocokan) pasangan Anda dengan baik.

Tidak ada komentar: