Translate

25/07/08

PEASAN (tim) PERKAWINAN

Mengawali tulisan saya yang pertama ini, perkenankan kami mengucapkan: Barokallohulakum...! Pada pasangan mas Agus Slow dan Ratih yg telah melangsungkan pernikahannya pada minggu 20 Juli kemaren. Selanjutnya kami akan berkirim sebuah “pesan perkawianan” buat sedulur semua. Bukan sebuah bingkisan layaknya paket atau parcel, namun sebuah tips / nasehat terutama bagi pasangan muda, juga untuk semua muda/i yang akan memasuki dunia perkawinan.


Kunci Sukses Hubungan Pasangan

Ada banyak hal yang bisa pasangan lakukan untuk meningkatkan hubungan dan memberi ruang bagi kehidupan biologis yang lebih baik. Salah satu rahasianya adalah 4T: Time, Talk, Trust, dan Touch. 4T merupakan kunci terciptanya kepuasan hubungan tercapai, menjamin hubungan berkualitas dan sehat serta membuka kesempatan bagi pengayaan seksual.

Tidak dipungkiri setiap hubungan membutuhkan Time (waktu) agar hubungan terpelihara dan tumbuh subur. Satu dari keluhan pasangan adalah sedikitnya waktu untuk bersama yang disebabkan rutinitas sehari-hari seperti karir dan keluarga. Sekalipun jika mereka memiliki waktu bersama, pasangan merasa terputus karena mereka tidak tahu mengatasinya. Akibatnya tumbuh perasaan terpisah hingga berpengaruh pada kehidupan seksual. Jika ini yang terjadi, biasanya sulit memiliki waktu untuk mengatasi masalah ini ketika di rumah.

Practise makes perfect, biasakan memiliki waktu berdua bersama pasangan tanpa beban apapun termasuk waktu bagi aktivitas seksual. Artinya Anda tidak perlu terburu-buru hubungan intim hanya karena pasangan Anda kuatir kehilangan ereksi. Biarkan hubungan seksual tetap hidup dan bukan hanya terfokus pada hubungan intim. Keinginan dan kerja sama dengan pasangan itu penting. Perhatikan pasangan Anda secara umum bukan hanya seksual saja. Malam yang tenang dan sunyi dapat menjadi tonik bagi pasangan.

Talk (bicara), membuka pintu bagi keintiman untuk lebih saling berbagi sehingga memungkinkan ruang masing-masing pasangan berkembang. Penelitian menujukan pasangan yang sibuk hanya menghabiskan beberapa menit bicara setiap hari sehingga penting saling terhubung melalui pembicaraan. Banyak masalah seksual yang dialami pasangan diakibatkan pasangan enggan menyampaikan. Karena itu sikap terbuka dan berani berbicara dijamin dapat meningkatkan keintiman diantara pasangan.

Trust (percaya) biasanya tumbuh seiring dengan time (waktu) dan talk (bicara) karena sebuah hubungan bisa bertahan bila didasari pada kepercayaan. Percaya juga mejadi dasar tumbuhnya rasa aman satu sama lain dalam sebuah hubungan intim. Percaya juga mengurangi kekuatiran perlakuan kasar dan penolakan dan memungkinkan pasangan merasa santai dalam kehadirannya.

Touch (sentuhan, belaian, pelukan), kita dibesarkan dan disayang dengan cinta dan sentuhan kasih sayang orang tua dan keluarga. Penelitian menujukan bayi yang tidak mendapat sentuhan kasih sayang orang tua gagal bertahan hidup. Seperti halnya bayi, orang dewasa-pun membutuhkan sentuhan, sentuhan kasih sayang diantara pasangan baik di dalam maupun di luar tempat tidur karena hal ini merupakan bagian penting dalam hidup bersama.

4T ini sangat penting dilakukan dalam hubungan bersama pasangan sebagai dasar hubungan yang sehat dan lingkungan bagi keterbukaan, kejujuran dan kepuasan seksual. (selamat bulan madu..!)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu alaikum,
pak gimana yah kalo pasangan tinggal beda pulau?
ajkh